Pengertian Dns - Fungsi Dns - Cara Kerja Dns

loading...
Pengertian & Fungsi Domain Name System (DNS) Server. DNS yaitu sebuah aplikasi service yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP Address atau DNS ialah distribute database system yang dipakai untuk melaksanakan pencarian nama komputer pada jaenteng yang memakai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

PRINSIP DASAR DNS.
Domain Name System (DNS) yaitu distributed database system yang dipakai untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaenteng yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

DNS secara umum dipakai pada aplikasi yang terhubung ke Internet mirip web browser atau e-mail, dimana DNS memmenolong memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Selain dipakai di Internet, DNS juga sanggup di implementasikan ke private network atau intrguat. DNS sanggup disamakan fungsinya dengan buku telepon.

Dimana setiap komputer di jaenteng Internet mempunyai host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address.

DNS mempunyai beberapa kelebihan dan keunggulan kalau dibandingkan dengan pemetaan IP Address dan Komputer menggunakan  HOST FILE, yaitu gampang, konsisten, dan simple.

HOST FILE ialah sistem yang dipakai untuk memetakan sebuah komputer dan IP Address pada jaenteng komputer sebelum ditemukannya metode pencarian host name terhadap IP Address komputer di internet atau yang dikala ini lebih di kenal dengan sebutan DNS (Domain Name System).

Sejarah DNS.
DNS hadir guna menjawaban kebutuhan jaenteng komputer yang semakin luas dan kompleks, sebab sebelum adanya DNS, teknologi yang dipakai untuk memetakan sebuah nama komputer dan IP Address pada jaenteng komputer yaitu dengan memakai HOST files.

melaluiataubersamaini adanya HOSTS Files, maka seluruh komputer yang terhubung dalam satu jaenteng bisa saling mengakses dengan spesialuntuk mengetikkan nama yang sudah tertulis dalam HOSTS Files tanpa harus mengetahui IP Address dari komputer tersebut.

Di dalam internet, file atau Nama Komputer dan IP Address tersebut dikelola secara terpusat dan di setiap lokasi harus di copy versi terbaru dari HOST files.

Tentu bisa dibayangkan betapa repotnya kalau di jaenteng komputer ada penambahan satu (1) komputer baru, sebab secara otomatis kita harus meng-copy versi terbaru dari file tersebut ke setiap lokasi.

melaluiataubersamaini melihat semakin meluasnya perkembangan teknologi jaenteng komputer yang tentu saja kalau pemetaan sebuah nama komputer dan IP Addres masih memakai cara lama, yaitu memakai HOST files maka bisa dipastikan akan sangat melelahkan.

Akhirnya seorang ilmuwan yang aktif di Institut Ilmu Informasi University of Southern California berjulukan Dr. Paul Mockapetris pada tahun 1983 menemukan DNS sebagai solusi pengganti HOST files, yang tentunya DNS mempunyai kelebihan unlimited database size dan performance yang lebih baik.

Artikel Terkait.

Fungsi DNS (Domain Name System).
Fungsi DNS yaitu untuk menterjemahkan nama sebuah Komputer ke IP Address.

DNS bisa di ibaratkan sebagai buku telepon, dimana kita mengenal orang menurut namanya, dan ketika kita akan menghubungi orang tersebut yang kita butuhkan yaitu nomor teleponnya.

Yang artinya, kita lebih praktis mengenal nama seseorang kalau dibandingkan dengan kita harus mengingat nomor teleponnya, ya mirip halnya anda lebih praktis mengingat Google dari pada mengingat 74.125.130.113.

Misal, kitika engkau akan mengakses nama domain www.google.com pada sebuah browser, maka gotong royong engkau sudah mengetikkan sebuah alamat atau IP Address 74.125.130.113, kemudian DNS melaksanakan pemetaan sampai menjadi sebuah nama Google.com yang lebih praktis untuk kita ingat.

Sehingga kalau engkau menegtikkan alamat 172.21724.65 di browser, maka halaman yang tampil akan sama dengan ketika kita mengetikkan nama google.com di browser.

Kelebihan DNS dibandingkan HOST Files.
DNS biasa dipakai pada aplikasi yang terhubung dengan internet mirip web browser atau email untuk memmenolong memetakan host name sebuah komputer ke IP Address, namun begitu DNS juga sanggup di implementasikan ke private network atau intrguat, dimana DNS mempunyai keunggulan sebagai diberikut :

1. cepatdangampang.
melaluiataubersamaini memakai DNS, user spesialuntuk cukup mengingat host name atau nama komputer saja tanpa harus pusing mengingat IP Address.

2. Konsisten.
Host name komputer tidak akan berubah, walaupun IP Addres Komputer bisa berubah.

3. Simple.
Untuk mencari di internet maupun di intrguat, User spesialuntuk memakai satu nama domain.

Struktur DNS.
Domain Name Space ialah sebuah hirarki (susunan tingkatan) dan pengelompokan domain menurut nama yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Root Level Domains.
Root Level Domain yaitu tingkat domain yang paling atas, dimana di dalam struktur domain, keberadaan domain ditentukan menurut tingkat kemampuan domain.

Top Level Domains.
Top Level Domain sanggup meliputi second level domains dan host.
  • .com umumnya dipakai untuk comersial.
  • .edu umumnya dipakai untuk institusi pendidikan atau universitas.
  • .org umumnya dipakai untuk sebuah Organisasi.
  • .net umumnya dipakai untuk Networks.
  • .gov umumnya dipakai untuk Instansi Pemerintah
  • .mil umumnya dipakai untuk Instansi Militer.
  • .arpa umumnya dipakai untuk Reverse DNS
  • .xx umumnya dipakai sebagai identitas sebuah Kode Negara, mirip .id untuk Indonesia, .in untuk India, .sg untuk Singapura, dan lain sebagainya.

Second Level Domains.
Second level domain sanggup meliputi host dan domain lain atau sering disebut sebagai sub domain, misal https://wikipedia.org yaitu sebuah domain induk, sedangkan https://id.wikipedia.org ialah sub domains dari situs web wikipedia untuk Negara Indonesia.

Host Names.
Domain Name yang dipakai dengan Host Name akan membuat FQDN (Fully Qualified Domain Name) untuk setiap komputer, sebagai teladan kalau terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 yaitu host name dan detik.com ialah domain name.

Teknik Kerja DNS.
Proses kerja DNS bekerjasama dengan dua komponen penting yaitu Client DNS dan Server DNS, dan Client DNS disebut dengan resolvers, sedangkan Server DNS disebut Name Servers.
  1. Resolvers atau Client DNS mengirim seruan ke Name Servers atau Server DNS bebentuk sebuah queries.
  2. Kemudian Name Servers akan memproses seruan tersebut dengan langkah pertama melaksanakan pengecekkan domain yang diminta apakah ada pemetaannya ke IP Address Host tertentu atau tidak pada local database DNS-nya, dan sekaligus mengontak Name Servers lain untuk pengecekkan seruan si Resolvers tersebut.
  3. Maka kalau tidak ditemukan Name Servers akan mempersembahkan pesan kesalahan kepada Resolvers atau Client. Dan kalau ditemukan, maka si Resolvers akan menghubungi Host yang dituju dengan memakai IP Address hasil dari penerjemahan si Name Servers.

Didalam lingkup kerja DNS kita akan mengenal DNS Server atau disebut juga Name Servers dan Client DNS atau disebut juga sebagai Resolvers.
  1. Client DNS mengirimkan queries ke DNS Server.
  2. Kemudian DNS Server akan melaksanakan pengecekkan ke local database atau menghubungi Name Server lainnya, kalau seruan ditemukan, maka akan dikirimkan ke Client DNS, atau kalau tidak ditemukan maka DNS Server akan mengirimkan Failure Message ke Client DNS.
  3. Selanjutnya Client DNS akan menghubungi Host yang dituju dengan memakai IP Address yang didiberikan oleh DNS Server.


Keterangan.
Client DNS atau Resolver akan mengirimkan seruan yang berupa Queries kepada Name Server atau DNS Server, kemudian Name Server akan memproses seruan tersebut dengan cara mengecek ke Local Database DNS Server atau menghubungi Name Server yang lainnya.

Kemudian DNS Server akan mengirimkan hasil sesuai seruan client atau DNS Server akan mengirimkan pesan Failure kalau ternyata seruan client tidak ditemukan, dan proses ini disebut sebagai Forward Lookup Query yaitu sebuah seruan dari client server ke DNS Server dengan cara menterjemahkan nama komputer (host) ke IP Address.

DNS juga bisa diartikan sebagai hasil pengembangan dari metode pencarian host name terhadap ip address komputer di internet.

Munkin itu doloe yang bisa saya informasikan terkena artikel tentang Pengertian DNS, Fungsi DNS, Sejarah DNS, dan Teknik Kerja DNS.

Tag : Internet
1 Komentar untuk "Pengertian Dns - Fungsi Dns - Cara Kerja Dns"

Pengertian Dns - Fungsi Dns - Cara Kerja Dns - Arek It >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian Dns - Fungsi Dns - Cara Kerja Dns - Arek It >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian Dns - Fungsi Dns - Cara Kerja Dns - Arek It >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Back To Top