Cara Setting Modem Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optic

loading...
Teknik Setting Modem IndiHome Nokia G-240W-F. Bisa dikatakan, bahwa untuk melaksanakan setting modem indihome fiber lebih simpel dari pada setting modem speedy ataupun modem indihome tembaga, mengingat tiruana setingan modem indihome fiber di lakukan oleh pihak telkom pusat.

Karena menyerupai yang kita ketahui, untuk setting modem speedy ataupun modem indihome jaenteng tembaga, maka selain setting modem dilakukan dari sentra telkom, setting modem juga harus dilakukan secara manual di sisi pelanggan.

melaluiataubersamaini adanya sistem setingan secara menyeluruh dari sentra telkom pada modem indihome fiber, maka sebagai pelanggan indihome tidak perlu khawatir lagi ketika melaksanakan reset modem indihome, sebab ketika modem di hidupkan akan secara otomatis kembali ke setingan pertama (default) sesuai dengan apa yang sudah di tentukan oleh telkom.

Hanya saja kalau anda melaksanakan reset modem indihome fiber, maka secara otomatis settingan port LAN dan Wireless (wifi) akan kembali ke setingan default, seperti.
  • Port LAN 1, 2, 4 akan kembali ke posisi Bridge Mode, yang mana khusus untuk Port LAN 4 secara default dipakai sebagai saluran IPTV untuk UseeTV.
  • Port LAN 3 akan kembali ke posisi Route Mode yang dipakai sebagai jalur utama kanal internet.
  • Setingan wifi modem indihome akan kembali ke settingan default pabrikan, dimana username dan password wifi untuk SSID Private sesuai dengan yang tertera pada modem.
  • Ketika pelanggan indihome mengaktifkan wireless, maka secara otomatis sinyal @wifi.id dan @flashzone seamless ikut aktif.

Sehingga kalau sebelumnya anda sudah membuat konfigurasi Port LAN 1 dipakai sebagai cadangan IPTV / jaur STB 2 kalau pelanggan indihome fiber memakai dua layar televisi, dan Port LAN 2 untuk devive yang lain, misal Mikrotik ataupun Access Point (AP), maka harus dilakukan pengaturan ulang sebab setingan sudah berubah.

Baca juga.


Untuk mempergampang dan mendapat performa modem yang baik, maka sebaiknya modem di reset terlebih lampau sebelum di setting ulang.

Teknik Reset Modem Nokia G-240W-F IndiHome Fiber.
Tekan tombol reset (lubang kecil yang ada di samping body modem) dengan benda tumpul (bulpoin atau kayu lidi) selama 3-4 detik dalam kondisi modem hidup.

Sebelum melaksanakan setting modem indihome, pastikan ONT GPON dan jaenteng fiber optik dalam kondisi ready dengan cara melihat info yang di sampaikan oleh lampu indikator Modem Nokia G-240W-F, menyerupai di bawah ini.
  • Lampu POWER hidup.
  • Lampu LINK hidup.
  • Lampu AUTH hidup.
  • Lampu INTERNET hidup normal (tidak berkedip).
  • Lampu LAN hidup (jika ada port LAN modem yang terhubung dengan komputer).

Teknik Setting Modem Nokia G-240W-F IndiHome Fiber Optic.
1. Hidupkan modem Nokia G-240W-F, tunggu hingga lampu indikator Power, Link, Auth, Internet, atau kalau ingin setting Modem Nokia G-240W-F melalui Android maka terlebih lampau anda harus mengaktifkan wifi terlebih lampau dengan cara menekan tombol WLAN yang ada di belakang body modem supaya android sanggup terhubung dengan modem indihome.

Artikel Terkait.

2. Kemudian hubungkan kabel Port LAN 3 Modem ke Komputer / Laptop menggunkan kabel jaenteng LAN jenis Straight.

3. Buka browser, kemudian masukan IP Address Default ONT GPON Nokia G-240W-F yaitu 192.168.1.1 kemudian Enter.

4. Selanjutnya login memakai username dan password superuser Modem IndiHome Nokia G-240W-F, yaitu.
  • Username : support
  • Password : theworldinyourhand

5. Sesudah berhasil masuk ke pgual router modem silahkan cek jalur yang dipakai untuk kanal internet dengan cara klik Network, kemudian pilih LAN kemudian perhatikan setingan port LAN default modem Nokia G-240W-F dari telkom.


Tampilan diatas mengatakan bahwa port LAN 3 di setting Route Mode yang berarti dipakai sebagai jalur internet, sedangkan port LAN 1, 2, 4 sanggup di manfaatkan sebagai jalur IPTV ataupun kalau pengguna ingin melaksanakan konfigurasi mikrotik dengan modem indihome.

Namun begitu secara default jalur kanal IPTV untuk UseeTV pada modem indihome yakni port LAN 4 untuk, dan port LAN 1 dipakai sebagai cadangan kalau pelanggan ingin menambahkan televisi sehingga 1 modem melayani 2 televisi.

Baca Juga.

6. Jika ingin melaksanakan setting modem memakai komputer, maka silahkan sambungkan kabel LAN ke port LAN 3, sedangkan kalau ingin setting modem melalui android silahkan hidupkan wifi kemudian login dengan password wifi yang tertulis di bawah body modem.

7. Selanjutnya klik Network, kemudian pilih WAN kemudian lakukan pengaturan sebagai diberikut.
  1. WAN Connection List : 1_INTERNET_R_VID_881.
  2. Connection Type : PPPoE.
  3. IP Mode : IPv4.
  4. Enable / Disable : Beri tanda check list.
  5. NAT : Beri tanda check list.
  6. Service : INTERNET.
  7. Enable VLAN : Beri tanda check list.
  8. VLAN ID : 881.
  9. VLAN PRI : 0.
  10. WAN IP Mode : PPPoE.
  11. Connections Tringger : AlwaysOn.
  12. Username : Masukkan username (umumnya username memakai nomor pelanggan indihome yang di akhiri dengan @telkom.net.
  13. Password : Isi password yang di diberikan oleh pihak telkom indihome (umumnya password berjumlah 10 digit kombinasi abjad dan angka).
  14. Keep Alive Time : 60.
  15. Keep Alive Retry : 3.
  16. Echo Value : 180.
  17. Manual DNS : sanggup di isi dengan DNS Indihome atau di kosongkan saja.
  18. Kemudian klik Save, maka secara otomatis modem akan melaksanakan restart untuk menyimpan hasil setingan modem.

Penting.
Pada langkah 12, dan 13 atau untuk setting username dan password anda tidak perlu khawatir mengingat setingan tersebut sudah dilakukan oleh pihak telkom sentra sehingga walaupun modem indihome di reset berkali-kali, maka username dan password tidak akan berubah ataupun hilang, dan inilah salah satu yang membedakan antara setting indihome tembaga dan indihome fiber optic.

8. Selesai.

Demikian tutorial lengkap wacana bagaimana cara setting modem indihome Nokia G-240W-F Fiber Optik, semoga bermanfaa.

Tag : Modem
2 Komentar untuk "Cara Setting Modem Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optic"

bos saya pakai modem nokia w240e trs saya share ke tetangga tp tiap 1 jam mati apa yg perlu di setting ulang untun lan nya mohon pencerahan

Cara Setting Modem Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optic - Arek It >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Setting Modem Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optic - Arek It >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Setting Modem Nokia G-240W-F Indihome Fiber Optic - Arek It >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Back To Top