Cara Setting Jaringan Komputer Kantor

loading...
Teknik Setting Jaenteng Komputer Windows 7 / 8 / 10 /Vista / XP. Berbicara jaenteng komputer tentu saja mempunyai ruang lingkup dan pengertian yang sangat luas, mengingat teknologi komputer sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan melibatkan aneka macam macam hardware dan software jaenteng komputer.

Secara umum pengertian jaenteng komputer yaitu penggabungan antara beberapa komputer dengan tujuan supaya perangkat komputer satu dengan yang lainnya sanggup terhubung sehingga memungkinkan untuk sanggup saling bertukar data.

Sedangkan untuk pengaplikasiam jaenteng komputer sanggup dipakai untuk membentuk sebuah jaenteng komputer lab sekolah, jaenteng komputer kantor, ataupun untuk membuat jaenteng warnet, jaenteng rental komputer pengetikan, serta sanggup dipakai untuk penerapan jaenteng komputer yang lainnya.

Perbedaan setting jaenteng komputer kantor, jaenteng komputer warnet, jaenteng komputer game online ataupun jaenteng komputer untuk lab sekolah spesialuntuklah tidak sama pada kebutuhan settingan saja misal, sharing file, folder, data, printer, scanner ataupun perangkat lainnya menyerupai penerapan pelengkap perangkat jaenteng yang lebih komplek sesuai kebutuhan.

Artikel Terkait.

Pembahasan kali ini saya spesialuntuk ingin mengulas wacana membuat jaenteng kompter secara spesifik dan sederhana, yaitu bagaimana cara melaksanakan konfigurasi dan membuat jaenteng komputer LAN (Lokal Area Network) untuk kantor.


Pada tutorial Teknik Setting Jaenteng Komputer kali ini saya memakai sistem operasi (OS) berbasis Windows XP Pro SP3, dan untuk Windows versi yang lain tinggal di sesuaikan, dan klarifikasi kali ini saya spesialuntuk mengulas Teknik Setting Jaenteng Komputer yang sangat sederhana yaitu spesialuntuk sebatas Sharing koneksi internet dan Sharing File Bersama.

Dan sebelum anda membuat jaenteng komputer ada beberapa perangkat jaenteng komputer yang harus disediakan sebagai pendukung implementasi jaenteng komputer kantor adalah.

1. Jika ingin membuat jaenteng komputer nirkabel atau jaenteng komputer tanpa kabel, maka anda membutuhkan Perangkat Wireless Fidelity (Wifi), Misal Access Point.

2. Kabel UTP dan Konektor RJ-45, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya wacana Teknik Memasang Kabel UTP di RJ-45.

3. Hub / Switch sebagai pembagi koneksi (jika jaenteng komputer lebih dari dua (2) unit komputer dan memakai Kabel UTP dan RJ-45 mode Straight) tetapi kalau anda spesialuntuk memakai dua (2) komputer saja anda tidak perlu memakai HUB / Switch, tetapi cukup spesialuntuk memakai Kabel Jaenteng Model Cross, dan untuk mengenal lebih jauh wacana apa itu HUB dan Switch, silahkan baca artikel wacana Perbedaan HUB dan Switch.

Untuk spesifikasi komputer yang dipakai jaenteng kantor biasanya mempunyai spesifikasi yang tidak sama-beda, artinya di sesuaikan dengan kebutuhan penerapan, ada yang memakai spesifikasi komputer standar dan ada juga yang memakai komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi.

Selain penerapan perangkat keras yang tidak sama, penerapan aplikasi juga tidak sama, misal untuk kebutuhan aplikasi dan penerapan hardware pada server tentu tidak sama dengan komputer user pada umumnya sehingga membuat jaenteng kantor sanggup dibilang lebih susah dari pada membangun jarinan warnet dan jaenteng game online.

Aplikasi / software yang umum di gunakan pada jaenteng kantor.
  • Jika sebuah kantor yang melibatkan transaksi internasional, maka sebaiknya di pasang minimal 3 (tiga) browser, misal IE (Internet Explorer), Firefox, Chrome.
  • Aplikasi / Software Standar Komputer.
  • Program / aplikasi pelengkap sesuai kebutuhan.

Kemudian setelah tiruana perlengkapan jaenteng komputer sudah tersedia, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu melaksanakan Setting IP Address Komputer pada setiap komputer yang ialah proses pertama untuk membangun jaenteng komputer supaya setiap komputer sanggup saling terhubung dengan komputer yang lainnya.

Artikel Terkait.
Teknik Setting IP Address Komputer / Laptop.

Makara kalau ingin menbuat jaenteng komputer yang mempunyai 10 unit komputer sanggup memakai alamat komputer sebagai diberikut.
  • Komputer 1 IP Address 192.168.1.1
  • Komputer 2 IP Address 192.168.1.2
  • Komputer 3 IP Address 192.168.1.3
  • Komputer 4 IP Address 192.168.1.4
  • Komputer 5 IP Address 192.168.1.5
  • Komputer 6 IP Address 192.168.1.6
  • Komputer 7 IP Address 192.168.1.7
  • Komputer 8 IP Address 192.168.1.8
  • Komputer 9 IP Address 192.168.1.9
  • Komputer 10 IP Address 192.168.1.10

Sampai disini  proses Teknik Setting Jaenteng Komputer sudah selesai, namun kalau anda membutuhkan sharing file, folder, dan data, sharing printer, scanner, CD / DVD, ataupun sharing hardware yang lain, silahkan untuk membaca artikel dibawah ini.

Dan untuk mempergampang dalam melaksanakan sharing file dan sharing printer, maka diharapkan Sinkronisasi Jaenteng Komputer, yang mana sinkronisasi ialah hububgan timbal balik antara setiap perangkat yang terhubung dalam sebuah jaenteng komputer.

Fungsi Sinkronisasi Jaenteng Komputer.
  • Agar setiap komputer lebih simpel untuk mengenal komputer yang lain dalam jaenteng.
  • Mempergampang dalam share file, folder, data, scanner, printer,ataupun perangkat yang lain.

Tetapi kalau anda tidak membutuhkan sharing file ataupun sharing hardware (perangkat keras), silahkan di abaikan saja.

Mungkin itu saja yang sanggup saya informasikan terkena bagaimana cara settinga jaenteng komputer di Windows XP, dan sesuai apa yang sudah saya sebutkan diatas tentunya pembahasan jaenteng komputer belum final hingga disini, mengingat jaenteng komputer ialah korelasi aneka macam macam perangakat komputer dan sistem operasi yang sangan komplek.

Tag : Jaringan
1 Komentar untuk "Cara Setting Jaringan Komputer Kantor"

Cara Setting Jaringan Komputer Kantor - Arek It >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Setting Jaringan Komputer Kantor - Arek It >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Setting Jaringan Komputer Kantor - Arek It >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Back To Top